Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (Library Research)

Situmeang, Esty S.D (2021) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (Library Research). S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (828kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (834kB)

Abstract

Pembelajaran yang masih menggunakan pendekatan konvensional berdampak pada minimnya aktivitas belajar siswa, suasana kelas yang tidak kondusif serta rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pendekatan Contextual Teaching And Learning merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran dengan harapan pendekatan ini dapat meningkatkan ketertarikan ataupun motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui“Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data menggunakan bahan pustaka berupa 8 jurnal penelitian yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa dari 8 jurnal yang digunakan, terdapat 7 jurnal penelitian yang menyimpulkan bahwa pendekatan contextual teaching and learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan 1 jurnal lainnya menyatakan tidak terdapat pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Dengan demikian perlu adanya pengembangan motivasi siswa melalui pendekatan CTL dalam upaya peningkatan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Motivasi Belajar Siswa, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:21
Last Modified: 21 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/704

Actions (login required)

View Item
View Item