Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur)

Veronika, Lia (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (830kB)

Abstract

Penelitian ini terkait pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian studi literatur dengan sumber data adalah data skunder yakni terdiri dari buku dan jurnal. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah dengan metode analisis deskriptif menurut Miles dan Huberman (1994) dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran example non example memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan langkah-langkah sebagi berikut: (1) Guru dapat mempersiapkan gambar-gambar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, baik gambar yang merupakan contoh dan bukan contoh dari materi yang dipelajari. (2) Guru menempelkan gambar dipapan atau ditayangkan melalui proyektor. (3) Guru membentuk kelompok yang masing-masing terdiri dari 2-3 peserta didik. (4) Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk memperhatikan atau menganalisis gambar, dan mencatat hasil diskusi dari analisis gambar pada kertas. (5) Guru memberi kesempatan bagi tiap kelompok untuk membacakan hasil diskusinya. (6) Berdasarkan komentar atau hasil diskusi siswa, guru menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai. (7) Guru bersama siswa dapat membuat kesimpulan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Example Non Example, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:33
Last Modified: 24 Apr 2024 03:33
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item
View Item