Siregar, Sondang Oktaviany (2020) Analisis Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (637kB)
Abstrak.pdf
Download (717kB)
Chapter I.pdf
Download (745kB)
Chapter II.pdf
Download (777kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (839kB)
Reference.pdf
Download (661kB)
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi dampak penggunaa metode Role Playing pada hasil pembelajaran PKn di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang diambil dari berbagai literature seperti buku, jurnal online, internet dan kepustakaan lainnya. Data analisis dengan menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa sekolah dasar. Dapat dilihat pada analisis data bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran terdapat pengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa meningkat secara signifikan. Dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa sekolah dasar, guru menjelaskan tujuan pembelajaran, guru mendemontrasikan materi pelajaran, guru memberi bimbingan intruksi awal kepada siswa, guru memeriksa apakah siswa telah berhasil melakukan tugas, guru memberikan kesempatan untuk melakukan intruksi lebih lanjut dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain Peran (Role Playing), dan Hasil Belajar Pkn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 02:46 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 02:46 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/792 |