Bangun, Ingri Yani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (745kB)
Abstrak.pdf
Download (704kB)
Chapter I.pdf
Download (789kB)
Chapter II.pdf
Download (815kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (824kB)
Reference.pdf
Download (779kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar Metode penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi berupa data-data yang dianggap penting melalui buku-buku, jurnal, artikel, koran/majalah, brosur, elektronik yaitu internet yang ada kaitannya dengan diterapkannya penelitian ini. Data yang didapat, selanjutnya dianalisis melalui tiga kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model problem based learning dengan langkah-langkah sebagai berikut:1) orientasi siswa pada suatu masalah, 2) mengorganisasikan siswa dalam proses pembelajaran, 3) membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok, 4) menyajikan hasil karya, 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajar Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 02:29 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 02:29 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/791 |