Siregar, Ria Hotmaruda (2020) Model Pembelajaran Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (637kB)
Abstrak.pdf
Download (762kB)
Chapter I.pdf
Download (790kB)
Chapter II.pdf
Download (808kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (262kB)
Reference.pdf
Download (170kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA disekolah dasar.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang diambil dari berbagai literature yang seperti buku, jurnal online, internet dan kepustakaan lainya.Data analisis dengan menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan kesimpulan.Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwabahwa model pemebalajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.Dapat dilihat pada analisis data bahwa dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction terdapat pengaruh yang positif dan hasil belajar IPA siswa meningkat secara signifikan. Dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar, guru menjelaskan tujuan pembelajaran, guru mendemontrasikan materi pelajaran, guru memberikan bimbingan instruksi awal kepada siswa, guru memeriksa apakah siswa telah berhasil melakukan tugas, guru memberikan kesempatan untuk melakukan instruksi lebih lanjut dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Explicit Instruction Dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 09:03 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 09:03 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/785 |