Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Pada Pembelajaran Daring Kelas V SD Negeri 064998 Kec. Medan Marelan T.A 2020/2021

Marpaung, Monica (2021) Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Pada Pembelajaran Daring Kelas V SD Negeri 064998 Kec. Medan Marelan T.A 2020/2021. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (725kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (804kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 064998 Medan Marelan T.A 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei Tahun 2021 selama satu minggu atau 6 hari pelaksanaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif desain eksperimen. Teknik Pengambilan sampel adalah Total Sampling technik. Subjek penelitian ini adalah 76 siswa, yang terdiri dari 38 siswa pada kelas eksperimen dan 38 siswa pada kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal esai yang terdiri dari 5 pertanyaan. Sedangkan tes prasyarat yang digunakan adalah Kolmogorov – Smirnov dan Shapiro – Wilk untuk menguji normalitas data, dan uji homogenitas data. Berdasarkan hasil normalitas diperoleh populasi berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh populasi homogen. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa skor rata – rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Picture and Picture lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini Dapat dilihat dari nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 81,8 sementara kelas kontrol 74,3. Serta hasil uji statistik di peroleh uji-t hitung > t tabel yaitu 2.822 > 0,006 dengan perhitungan desibel (db) = 74 pada taraf signifikan = 0,05. Sehingga menunjukkan bahwa hipotesis H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penerapan model Picture and Picture terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V di SD Negeri 064998 Medan Marelan T.A 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Model Picture and Picture, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:24
Last Modified: 27 Mar 2024 04:24
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item
View Item