Simbolon, Desi (2023) Pengaruh Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Sekolah Dasar (Studi Literatur). S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (628kB)
Abstrak.pdf
Download (701kB)
Chapter I.pdf
Download (797kB)
Chapter II.pdf
Download (851kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (867kB)
Reference.pdf
Download (710kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa pada mata pelajaran PKn sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data identifikasi dari jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan metode sosiodrama memberikan dampak positif yang signifikan untuk menanamkan kepedulian sosial siswa di Sekolah Dasar. Penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan kepedulian sosial siswa yang mengajarkan siswa untuk saling membantu, menolong, dan menghargai. Dengan metode sosiodrama siswa lebih bisa menghargai teman dan tidak memilih-milih dalam pembentukan kelompok. Pembelajaran PKn menggunakan metode sosiodrama yang diterapkan mampu meningkatkan kepedulian sosial siswa. Selama pembelajaran menggunakan metode sosiodrama, siswa dapat melatih perilaku bekerjasama antar teman, menolong, empati, dan kerukunan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Sosiodrama, Kepedulian Sosial, Mata Pelajaran Pkn, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:01 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:01 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/701 |