Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Kertas (Pola) Pada Kelompok A Di Tk Fajar Medan

Siregar, Felesia Sara (2021) Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Kertas (Pola) Pada Kelompok A Di Tk Fajar Medan. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (723kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengembangkan kemampuan motorik halus anak yang menggunakan jenis penelitian tindakam kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menggunting kertas (pola) pada kelompok A di TK Fajar Medan. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu Perencanaan, Pelaksaan Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru kelas. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok A di TK Fajar Medan yang berjumlah 8 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan pengamatan langsung, unjuk kerja dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan menggunting kertas (pola) dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A di TK Fajar Medan tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil kegiatan menggunting mulai dari Pra- Siklus adalah 24,75%, hasil belajar anak masih pada tahap kategori rendah. Kemudian pada saat dilakukan Siklus I hasil kemampuan motorik halus menjadi 47,87%, hal ini sudah mulai ada peningkatan. Pada siklus II kemampuan motorik halus meningkat sangat pesat dengan ketuntasan mencapai 81,37%. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting kertas (pola) pada kelompok A di TK FAJAR Medan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Motorik Halus, Menggunting Kertas (pola), Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:20
Last Modified: 27 Apr 2024 01:34
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item
View Item