Efektivitas Penerapan E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri No.104222 Sei Glugur

Kaban, Eka Marleny (2020) Efektivitas Penerapan E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri No.104222 Sei Glugur. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (699kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan e-learning menggunakan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri No.104222 sei glugur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer. Melalui hasil penelitian ini diperoleh efektivitas penerapan e-learning menggunakan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa SD Negeri No.104222 sei glugur. Data dianalisis dengan menggunakan analisi data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa penerapan e-learning menggunakan aplikasi google classroom dilihat dari presentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN 70% yang tuntas dan 30 % yang belum tuntas, Bahasa Indonesia 38% yang tuntas dan 62% yang belum tuntas, MM 30% yang tuntas dan 70% yang belum tuntas,IPA 70% yang tuntas dan 30 % yang belum tuntas, mata pelajaran IPS 80% yang tuntas dan 20% persen yang belum tuntas, SBDP 70% yang tuntas dan 30% yang belum tuntas,Bahasa Inggris 51 % yang tuntas dan 49% yang belum tuntas,PJOK 100 % yang tuntas,Agama dan Budi Pekerti 100% tuntas. Dari hasil tingkat presentase ketuntasan hasil belajar setiap mata pelajaran 7 mata pelajaran dinyatakan tuntas dan 3 mata pelajaran dinyatakan tidak tuntas. Dan dari hasil wawancara dengan guru masih ada guru yang kurang paham dalam penggunaan google classroom serta tidak semua orang orang tua memiliki media elektronik. Sehingga penerapan e-learning menggunakan aplikasi google classroom sangat efektif, terlihat dari hasil belajar siswa hanya beberapa mata pelajaran siswa dinyatakan tidak lulus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penerapan e-learning menggunakan aplikasi google classroom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 03 Apr 2024 01:37
Last Modified: 03 Apr 2024 01:37
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item
View Item