Kaban, Eka Marleny (2020) Efektivitas Penerapan E-Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri No.104222 Sei Glugur. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (656kB)
Abstrak.pdf
Download (662kB)
Chapter I.pdf
Download (730kB)
Chapter II.pdf
Download (797kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (779kB)
Reference.pdf
Download (699kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan e-learning menggunakan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri No.104222 sei glugur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer. Melalui hasil penelitian ini diperoleh efektivitas penerapan e-learning menggunakan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar siswa SD Negeri No.104222 sei glugur. Data dianalisis dengan menggunakan analisi data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa penerapan e-learning menggunakan aplikasi google classroom dilihat dari presentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN 70% yang tuntas dan 30 % yang belum tuntas, Bahasa Indonesia 38% yang tuntas dan 62% yang belum tuntas, MM 30% yang tuntas dan 70% yang belum tuntas,IPA 70% yang tuntas dan 30 % yang belum tuntas, mata pelajaran IPS 80% yang tuntas dan 20% persen yang belum tuntas, SBDP 70% yang tuntas dan 30% yang belum tuntas,Bahasa Inggris 51 % yang tuntas dan 49% yang belum tuntas,PJOK 100 % yang tuntas,Agama dan Budi Pekerti 100% tuntas. Dari hasil tingkat presentase ketuntasan hasil belajar setiap mata pelajaran 7 mata pelajaran dinyatakan tuntas dan 3 mata pelajaran dinyatakan tidak tuntas. Dan dari hasil wawancara dengan guru masih ada guru yang kurang paham dalam penggunaan google classroom serta tidak semua orang orang tua memiliki media elektronik. Sehingga penerapan e-learning menggunakan aplikasi google classroom sangat efektif, terlihat dari hasil belajar siswa hanya beberapa mata pelajaran siswa dinyatakan tidak lulus.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Penerapan e-learning menggunakan aplikasi google classroom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 01:37 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 01:37 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/810 |