Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar

Marbun, Mardhiyah Ulfah Marbun (2020) Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (875kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (761kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yang diambil dari berbagai literatur seperti buku, e-book dan jurnal penelitian terdahulu mulai tahun 2016 sampai tahun 2019. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat terjadi meningkatkan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar dengan menerapkan tindakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tahapan pra siklus, siklus I, siklus II, dimana hasil belajar IPA siswa dengan rata-rata tingkat ketuntasan belajar pra siklus 52%, siklus I meningkat dengan persentase ketuntasan 71%, selanjutnya dilakukan perbaikan pada siklus II rata-rata tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 96%. Begitupun perlakuan eskperimen yang signifikan dapat dilihat dari hasil nilai posttest siswa lebih meningkat dibanding hasil nilai pretest siswa dengan rata-rata skor pretest mencapai 60 sedangkan posttest mencapai 86,5 Nilai ketuntasan klasikal pretest mencapai 40% sedangkan postest 70% dengan diketahui rata-rata uji-t dengan thitung lebih dari ttabel 7,7774>272.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 02 Apr 2024 08:50
Last Modified: 02 Apr 2024 08:50
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item
View Item