Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar

Br.Hutauruk, Debora MaylaniI (2020) Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (785kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang diambil dari jurnal online, internet dan kepustakaan lainnya.Data analisis yang digunakan adalah data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di Sekolah Dasar. Dapat dilihat pada persentase nilai hasil belajar yang menunjukkan bahwa dengan menggunakan Media Audio Visual terdapat pengaruh yang positif dan hasil belajar IPA siswa meningkat secara signifikan. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menggunakan Media Audio Visual, yaitu: 1) Persiapan, guru terlebih dahulu mempersiapkan RPP atau materi pelajaran, bahan ajar, memilih video pembelajaran yang bersangkutan dengan materi, media audio visual yang akan digunakan, 2) persiapan kelas, persiapan kelas ini bukan hanya meliputi fasilitas sekolah akan tetapi kesiapan dari seluruh siswa untuk memahami materi pelajaran yang akan ditayang di depan kelas, 3) penyajian, video yang sudah dipilih akan ditampilkan didepan kelas dan siswa harus memahami isi yang akan disampaikan oleh video pembelajaran, 4) tindak lanjut, tindak lanjut artinya yaitu Tanya jawab secara lisan kepada siswa untuk melihat umpan balik yang diberikan siswa terhadap video pembelajaran yang sudah ditayangkan, lalu guru memberikan tes berupa LKS untuk mengetahui pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam(IPA)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 02 Apr 2024 08:38
Last Modified: 02 Apr 2024 08:38
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/808

Actions (login required)

View Item
View Item