Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Sihotang, Saina Damema (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (743kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (924kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (816kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (711kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian menurut Miles dan Huberman adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis reduksi data dan penyajian data, maka terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: (1) Guru membagikan LKS yang memuat soal yang harus dikerjakan oleh siswa serta pelaksanaanya. (2) Peserta didik membaca masalah yang ada dalam LKS dan membuat catatan kecil secara individu tentang apa yang ia ketahui dan tidak diketahui dalam masalah tersebut. (3 ) Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (3-5 siswa perkelompok). (4) Siswa berinteraksi dan berkolaborasi dengan tema satu grup untuk membahas isi catatan dari hasil catatan (talk). (5) Dari hasil diskusi, peserta didik secara individu merumuskan pengetahuan berupa jawaban atau soal. (6) Perwakilan kelompok menyajikan hasil diskusi kelompok, sedangkan kelompok lain diminta memberikan tanggapan. (7) Kegiatan akhir pembelajaran adalah membuat refleksi dan kesimpulan atas materi yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:21
Last Modified: 02 Apr 2024 07:21
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item
View Item