Model Pembelajaran cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya Sekolah Dasar

Dinda, Zuhaimy (2020) Model Pembelajaran cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (873kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (633kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan dan penerapan pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA pada materi gaya Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian studi literature dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Sumber data yang digunakan ialah Sumber data sekunder berupa buku dan jurnal. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat adanya peningkatan terhadap hasil belajar IPA pada materi gaya Sekolah Dasar, dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Guru membagi peserta didik dikelompokkan dalam 6 tim, 2) Masing-masing siswa dalam setiap kelompok diberi bagian materi yang berlainan yang akan dibahas guru, 3) Anggota tim dengan sub topic bacaan yang sama untuk membentuk ahli, 4) Siswa dikelompok ahli mempelajari materi yang sama serta berdiskusi agar dapat memahami dan menguasai materi, 5) Siswa kembali kekelompok asal memberikan informasi yang telah diperoleh atau dipelajari di kelompok ahli, 6) setiap anggota kelompok berbagi informasi dengan anggota kelompok yang lain dalam rangka menangkap keutihan informasi, 7) Guru merefleksi hasil diskusi kelompok dan merangkum materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 02 Apr 2024 03:24
Last Modified: 02 Apr 2024 03:24
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item
View Item