Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar

Hutasoit, Hernita Agnes (2020) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (741kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (771kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research).Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yang diambildari berbagai literatur seperti buku, e-book dan jurnal penelitian terdahulu mulai tahun 2015 sampai tahun 2019.Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar dengan menerapkan tindakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas)dengan tahapan pra siklus, siklus I, siklus II, dan seterusnya dimana hasil belajar IPA siswa dengan rata-rata tingkat ketuntasan belajar pra siklus 33%, siklus I meningkat dengan persentase ketuntasan 62%, selanjutnya dilakukan perbaikan pada siklus II rata-rata tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 89%. Begitupun perlakuan eskperimen yang signifikan dapat dilihat dari hasil nilai posttest siswa lebih meningkat dibanding hasil nilai pretest siswa dengan rata-rata skor pretest mencapai 58 sedangkan posttest mencapai 72. Nilai ketuntasan klasikal pretest mencapai 39% sedangkan postest 61% dengan diketahui rata-rata uji-t dengan thitung lebih dari ttabel 6,6663>2026.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:05
Last Modified: 02 Apr 2024 02:05
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item
View Item