Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur)

Hasibuan, Elfina Widyasari (2020) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (805kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (703kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dan bagaimana penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang berupa jurnal-jurnal dari peneliti sebelumnya. Dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan jurnal-jurnal peneliti terdahulu maka dinyatakan bahwa hasil belajar matematika siswa sekolah dasar mengalami peningkatan signifikan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan penerapan model pembelajaran sebagai berikut, yaitu menyampaikan indikator keberhasilan pembelajaran yang akan dicapai, memberikan tes awal kepada siswa, membentuk siswa dalam kelompok yang bersifat heterogen, memberikan penjelasan materi singkat kepada siswa, memberikan presepsi kepada siswa bahwa keberhasilan siswa secara individu ditentukan oleh keberhasilan kelompoknya, siswa belajar bersama dengan mengerjakan tugas-tugas dari LKS yang diberikan dalam kelompoknya, guru memberikan tes-tes kecil berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh siswa, memberikan penghargaan kepada kelompok berdasarkan pemerolehan skor dari setiap anggota kelompok nya yang sudah diakumulasikan., menyampaikan ulang pembelajaran dengan strategi pemecahan masalah untuk seluruh siswa serta memberikan penegasan dan memberikan mimbingan kepada siswa untuk membuat rangkuman pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), hasil belajar, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 02 Apr 2024 01:49
Last Modified: 02 Apr 2024 01:49
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item
View Item