Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar

Br Tamba, Polmawati (2020) Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (766kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (852kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (971kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar IPA pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan,(Library research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang diambil dari jurnal dan kepustakaan lainnya. Data analisis yang digunakan adalah data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Dapat dilihat pada persentase nilai hasil belajar yang menunjukkan bahwa dengan menggunakan model CTL terdapat pengaruh yang positif dan hasil belajar IPA siswa meningkat secara signifikan. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menggunakan model CTL yaitu : 1) Pendidik memberikan materi untuk dipelajari sendiri oleh peserta didik bersama kelompok, 2) Peserta didik saling bertanya jawab dibawah bimbingan pendidik, 3) peserta didik mencari pengetahuan baru dengan memecahkan masalah yang diberikan, 4) Peserta didik saling bekerjasama dalam kelompok, 5) Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas, 6) Peserta didik dengan pendidik mengingat kegiatan yang telah dilakukan dan membuat kesimpulan materi yang dipelajari, 7) Melakukan penilaian terhadap hasil kegiatan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar, Ilmu pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 01 Apr 2024 08:36
Last Modified: 01 Apr 2024 08:36
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item
View Item