Handayani, Desi Fitria (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Materi Hak Dan Kewajiban Kelas V SD Swasta Al-Washliyah Pancur Batu T.A 2021 ⁄ 2022. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (716kB)
Abstrak.pdf
Download (855kB)
Chapter I.pdf
Download (808kB)
Chapter II.pdf
Download (921kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Reference.pdf
Download (796kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping Terhadap hasil belajar PKn pada materi hak dan kewajiban Kelas V SD Swasta Al-Washliyah Pancur Batu T.A 2021 ⁄2022.Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Subjek penelitian adalah kelas VA sejumlah 27 peserta didik dan kelas VB sejumlah 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis metode Paired T Test. Berdasarkan hasil post-test hasil belajar PKn kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh data nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,78 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75,2. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol dengan selisih sebesar 2,58 .Kemudian hasil perhitungan statistika diperoleh nilai t hitung 5,479 dengan nilai probabilitas sebesar 0.000 < 0.05, sehingga dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar PKn pada materi hak dan kewajiban Kelas V SD Swasta Al-Washliyah Pancur Batu T.A 2021 ⁄2022.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Hasil Belajar Pkn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 03:15 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 03:15 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/778 |