Pengaruh Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar

Br Butar Butar, Febby Nathalia (2021) Pengaruh Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (960kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (805kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (756kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan peneliti selama magang. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru cenderung menggunakan strategi ceramah sehingga siswa menjadi pasif dan menimbulkan proses belajar yang monoton, kurang menarik, dan hanya terpusat pada buku, hal ini berdampak pada prestasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yang diambil dari berbagai literatur seperti artikel skripsi dan jurnal penelitian terdahulu mulai tahun 2013 sampai tahun 2020. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian terkait dengan prestasi belajar siswa melalui media kartu bergambar dari berbagai para ahli menunjukan bahwa prestasi belajar siswa melalui media kartu bergambar mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil analisis data dari berbagai sumber yang peneliti dapatkan bahwa konsep media kartu bergambar berupa pengertian media kartu bergambar, karakteristik media kartu bergambar, kelebihan dan kekurangan media kartu bergambar. Konsep prestasi belajar siswa berupa pengertian prestasi belajar siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar. Dengan adanya media kartu bergambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan. Dengan demikian, prestasi belajar siswa melalui media kartu bergambar ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, penggunaan media kartu bergambar harus disesuaikan dengan karakteristik siswa sehingga penerapan media kartu bergambar dapat digunakan sesuai dengan kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Bergambar, Prestasi Belajar, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:33
Last Modified: 28 Mar 2024 02:33
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item
View Item