Pengaruh Model Examples Non Examples Melalui Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Swasta Mahkota Hidup Binjai T.A 2020/2021

Sihotang, Melyana Feronika (2021) Pengaruh Model Examples Non Examples Melalui Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Swasta Mahkota Hidup Binjai T.A 2020/2021. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (724kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (844kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (715kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Swasta Mahkota Hidup Binjai T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi - eksperimen dengan nonequivalent groups pretest-posttest design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu Model Examples Non Examples pada pembelajaran daring dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa kelas V SD Swasta Mahkota Hidup Binjai T.A 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Mahkota Hidup yang berjumlah 40 siswa dan sampel yang digunakan siswa kelas V A yang berjumlah 20 siswa dan kelas V B yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Teknik analisis data menggunakan perhitungan N-Gain ternomalisasi, uji normalisasi, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen, dimana 5 siswa dengan interprestasi tinggi, dan 15 siswa dengan interperstasi sedang. Hasil uji-t kelas eksperimen diperoleh nilai sig.(2-tailed) untuk nilai Pre Test dan Post Test sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa terhadap Pengaruh Model Examples Non Examples Melalui Whatsapp Terhadap Hasil belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Swasta Mahkota Hidup Binjai T.A 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Examples Non Examples, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 27 Mar 2024 09:20
Last Modified: 27 Mar 2024 09:20
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item
View Item