Sihotang, Melyana Feronika (2021) Pengaruh Model Examples Non Examples Melalui Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Swasta Mahkota Hidup Binjai T.A 2020/2021. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
![[thumbnail of Cover.pdf]](http://repository.sari-mutiara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (724kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](http://repository.sari-mutiara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Download (719kB)
![[thumbnail of Chapter I.pdf]](http://repository.sari-mutiara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Chapter I.pdf
Download (844kB)
![[thumbnail of Chapter II.pdf]](http://repository.sari-mutiara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Chapter II.pdf
Download (908kB)
![[thumbnail of Chapter III-V.pdf]](http://repository.sari-mutiara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of Reference.pdf]](http://repository.sari-mutiara.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Reference.pdf
Download (715kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Swasta Mahkota Hidup Binjai T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi - eksperimen dengan nonequivalent groups pretest-posttest design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu Model Examples Non Examples pada pembelajaran daring dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa kelas V SD Swasta Mahkota Hidup Binjai T.A 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Mahkota Hidup yang berjumlah 40 siswa dan sampel yang digunakan siswa kelas V A yang berjumlah 20 siswa dan kelas V B yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Teknik analisis data menggunakan perhitungan N-Gain ternomalisasi, uji normalisasi, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen, dimana 5 siswa dengan interprestasi tinggi, dan 15 siswa dengan interperstasi sedang. Hasil uji-t kelas eksperimen diperoleh nilai sig.(2-tailed) untuk nilai Pre Test dan Post Test sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa terhadap Pengaruh Model Examples Non Examples Melalui Whatsapp Terhadap Hasil belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Swasta Mahkota Hidup Binjai T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Examples Non Examples, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 09:20 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 09:20 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/773 |