Analisis Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Di Sdn 105377 Naga Kisar Kec. Pantai Cermin T.A 2020/2021

Tampubolon, Heppy Theresia (2021) Analisis Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Di Sdn 105377 Naga Kisar Kec. Pantai Cermin T.A 2020/2021. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (970kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (799kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru sekolah dasar dalam menggunakan media pembelajaran digital pada masa adaptasi kebiasaan baru di SDN 105377 Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin T.A 2020/2021. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif tentang kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital dimasa adaptasi kebiasaan baru. Sampel pada penelitian ini berjumlah 8 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar angket kepada guru sekolah dasar kemudian dianalisis/mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital di SDN 105377 Naga Kisar tergolong sedang dengan rata-rata skor distribusi jawaban yaitu 3,11. Dengan persentase alternative jawaban tiap-tiap sub indikator yaitu sub indikator guru mengetahui dan mampu menggunakan media pembelajaran digital diperoleh jawaban selalu 67,18% kategori Baik, jawaban sering 20,31% Kategori rendah, 12,5% jawaban kadang-kadang masuk dalam kategori sangat rendah, dan 0% untuk jawaban tidak pernah termasuk dalam kategori sangat rendah. Dari sub indikator media pembelajaran digital dapat membangun kerjasama dan kepercayaan pada diri anak diperoleh 50% jawaban selalu termasuk kategori sedang, 20,83% jawaban sering masuk dalam kategori rendah, jawaban kadang-kadang 29,16% kategori rendah dan 0% untuk jawaban tidak pernah masuk dalam kategori sangat rendah. Sub indikator media pemebelajaran digital mampu membangkitkan semangat dan motivasi anak dalam belajar diperoleh 7,5% untuk jawaban selalu kategori sangat rendah, jawaban sesring 22,5% termasuk kategori rendah, jawaban kadang-kadang 70% masuk dalam kategori baik dan 0% untuk jawaban tidak pernah kategori sangat rendah. Berdasarkan analisis jawaban kuesioner tiap sub indikator secara keseluruhan dapat dilihat bahwa kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital di SDN 105377 Naga Kisar termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru, Media Pembelajaran Digital.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 27 Mar 2024 08:38
Last Modified: 27 Mar 2024 08:38
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item
View Item