Tampubolon, Heppy Theresia (2021) Analisis Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Di Sdn 105377 Naga Kisar Kec. Pantai Cermin T.A 2020/2021. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (646kB)
Abstrak.pdf
Download (799kB)
Chapter I.pdf
Download (1MB)
Chapter II.pdf
Download (970kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Reference.pdf
Download (799kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru sekolah dasar dalam menggunakan media pembelajaran digital pada masa adaptasi kebiasaan baru di SDN 105377 Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin T.A 2020/2021. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif tentang kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital dimasa adaptasi kebiasaan baru. Sampel pada penelitian ini berjumlah 8 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar angket kepada guru sekolah dasar kemudian dianalisis/mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital di SDN 105377 Naga Kisar tergolong sedang dengan rata-rata skor distribusi jawaban yaitu 3,11. Dengan persentase alternative jawaban tiap-tiap sub indikator yaitu sub indikator guru mengetahui dan mampu menggunakan media pembelajaran digital diperoleh jawaban selalu 67,18% kategori Baik, jawaban sering 20,31% Kategori rendah, 12,5% jawaban kadang-kadang masuk dalam kategori sangat rendah, dan 0% untuk jawaban tidak pernah termasuk dalam kategori sangat rendah. Dari sub indikator media pembelajaran digital dapat membangun kerjasama dan kepercayaan pada diri anak diperoleh 50% jawaban selalu termasuk kategori sedang, 20,83% jawaban sering masuk dalam kategori rendah, jawaban kadang-kadang 29,16% kategori rendah dan 0% untuk jawaban tidak pernah masuk dalam kategori sangat rendah. Sub indikator media pemebelajaran digital mampu membangkitkan semangat dan motivasi anak dalam belajar diperoleh 7,5% untuk jawaban selalu kategori sangat rendah, jawaban sesring 22,5% termasuk kategori rendah, jawaban kadang-kadang 70% masuk dalam kategori baik dan 0% untuk jawaban tidak pernah kategori sangat rendah. Berdasarkan analisis jawaban kuesioner tiap sub indikator secara keseluruhan dapat dilihat bahwa kemampuan guru dalam penggunaan media pembelajaran digital di SDN 105377 Naga Kisar termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Guru, Media Pembelajaran Digital. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 08:38 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 08:38 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/771 |