Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Pelajaran Ipa Kelas V SD Yayasan Katolik Santo Ignatius Cinta Damai Medan

Siahaan, Resma Rezana Octavia (2021) Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Pelajaran Ipa Kelas V SD Yayasan Katolik Santo Ignatius Cinta Damai Medan. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (821kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Subjek daripada penelitian ini sebanyak 16 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V SD Yayasan Katolik Santo Ignatius Cinta Damai Medan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model student facilitator and explaining (SFAE). Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi, tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda. Analisis data dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil pre test diperoleh ketuntasan belajar 43,75% dengan nilai rata-rata kelas 6,43. Setelah dilaksanakan Siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata kelas 67,5. Pada Siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata kelas 80,62. Pada Siklus III ketuntasan belajar lebih meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata kelas 96,25. Kemudian, hasil observasi penggunaan model pembelajaran pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,58 dengan skor 62. Pada siklus II meningkat menjadi 2,91 dengan skor 70. Pada sikus III lebih meningkat menjadi 3,33 dengan skor 80. Dapat disimpulkan kemampuan kognitif siswa meningkat dimana awalnya kemampuan kognitif siswa hanya berada pada ranah kognitif pengetahuan, setelah diberikan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining disertai media meningkat menjadi analisis sampai evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, kognitif, dan model student facilitator and explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:26
Last Modified: 27 Mar 2024 07:26
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item
View Item