Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Kooperatif Di Kb Paud Desa Umbu Sohahau

Baene, Desrawati (2023) Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Kooperatif Di Kb Paud Desa Umbu Sohahau. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (807kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (609kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 Tahun melalui bermain kooperatif di paud Desa umbu sohahau. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak II Siklus yang dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan lembar instrumen penelitian. Subjek dalam penelitan ini adalah 15 orang anak usia 5-6 Tahun di paud Desa umbu sohahau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain kooperatif di paud Desa umbu sohahau dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Pada siklus I ditemukan bahwa anak yang bersikap kooperatif dengan Teman hanya 9 anak (60%), anak yang menujukan sikap toleran hanya 6 anak (40 %) yang menujukan sikap rasa empati hanya 8 anak (33,33%) anak yang mengekspresikan emosinya hanya 10 anak (66,6) yang Mengenal tatakrama hanya 7 (46,6%). Kemudian, dilihat dari keberhasilan tindakan pada saat siklus I hanya mencapai 49,306% dengan kriteria keberhasilan Mulai Berkembang (MB). Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 8 anak (80%) dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB), 2 anak (20%) Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada Siklus II anak yang anak yang bersikap kooperatif dengan Teman hanya 14 anak (93,33%), anak yang menujukan sikap toleran hanya 12 anak (80 %) yang menujukan sikap rasa empati hanya 12 anak (80%) anak yang mengekspresikan emosinya hanya 13 anak (86,66%) yang Mengenal tatakrama hanya 13 (86,66%). Kemudian, dilihat dari keberhasilan tindakan pada saat siklus II telah mencapai 85,33% dengan kriteria keberhasilan Berkembang Sangat Baik (BSB). Ditemukan bahwa hasil penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80 dengan kategori penilainya sebanyak 76% dari jumlah anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain kooperatif di paud Desa umbu sohahau dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5 – 6 Tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial Emosional Anak, Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 25 Mar 2024 08:12
Last Modified: 25 Mar 2024 08:12
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item
View Item