Pakpahan, Susi Marlina (2021) Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (627kB)
Abstrak.pdf
Download (700kB)
Chapter I.pdf
Download (851kB)
Chapter II.pdf
Download (829kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (738kB)
Reference.pdf
Download (761kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana peran guru dalam pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Peran guru dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari tugasnya sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing. Jenis penelitian inia dalah studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif interaktif Miles and Huberman dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan simpulan/ verifikasi. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu jurnal. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa guru harus memiliki karakter yang kuat dan positif sehingga dapat mengembangkan karakter peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan dalam pengembangan karakter siswa. Faktor pendukung dalam membentuk karakter siswa adalah pemahaman mengenai konsep dan aplikasi pendidikan karakter, sarana dan prasarana sekolah dan peran aktif guru sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik yang mempunyai tabiat yang kurang baik dan faktor keluarga, faktor lingkungan masyrakat yang kurang mendukung.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Pengembangan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 08:29 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 08:29 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/745 |