Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Materi Penyajian Data Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas Iv Sd N 064998 Medan Marelan T. A 2020/2021

Br Siahaan, Pitriyani (2021) Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Materi Penyajian Data Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas Iv Sd N 064998 Medan Marelan T. A 2020/2021. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (820kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (790kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Materi Penyajian Data Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD N 064998 Medan Marelan T. A 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatitif, desain penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan nonequivalent groups pretest-posttest design. Penelitian ini terdiri dari dua variable, variabel bebas yaitu media gambar pada pembelajaran daring dan variabel terikat yaitu kemampuan representasi matematis siswa kelas IV SD N 064998 Medan Marelan T. A 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 064998 Medan Marelan yang berjumlah 58 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan siswa kelas IV A yang berjumlah 30 siswa dan kelas IV B yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Teknik analisis data menggunakan perhitungan N-Gain ternormalisasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan, dimana 4 siswa dengan interpretasi tinggi dan 26 siswa dengan interpretasi sedang. Hasil uji statistik uji-t kelas eksperimen diperoleh nilai sig.(2 - tailed) untuk nilai Pre Test dan Post Test sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media gambar terhadap kemampuan representasi matematis materi penyajian data pada pembelajaran daring siswa kelas IV SD N 064998 Medan Marelan T.A 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:44
Last Modified: 25 Mar 2024 04:44
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item
View Item