Soleha, Nur Azmi Nabita (2021) Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas II SD Muhammadiyah 03 Medan. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (670kB)
Abstrak.pdf
Download (850kB)
Chapter I.pdf
Download (877kB)
Chapter II.pdf
Download (801kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (901kB)
Reference.pdf
Download (680kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model picture and picture terhadap hasil belajar PKn siswa kelas II SD Muhammadiyah 03 Medan. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen yang dibagi kedalam 2 kelas, yaitu kelas kelas eksperimen yang menggunakan model picture and picture dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Sampel pada kelas eksperimen berjumlah 30 siswa sedangkan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model picture and picture terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan pada nilai rata-rata pre-tes kelas eksperimen adalah 55.16 dan nilai rata-rata pre-tes kelas kontrol adalah 51. Sedangkan nilai rata-rata post-tes pada kelas eksperimen adalah 87.16 dan pada kelas kontrol adalah 71. Kemudian perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji-t, diperoleh p-value= 0,000 < α = 0,05 maka H0 : μ1 ≤ μ2 ditolak dan Ha: μ1>μ2 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model picture and picture lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model biasa (konvensional).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Picture And Picture, Hasil Belajar Pkn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 03:53 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 03:53 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/724 |