Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Lawe Kingat.A 2020\2021

Br Tampubolon, Natalia (2021) Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Lawe Kingat.A 2020\2021. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (871kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (855kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungankompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Kinga Lawe TA 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang eksperiment asosiatif causal dengan pendekatan kuantitatif desain korelasi product moment. Variabel penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu variabel bebas yaitu kompetensi guru dan motivasi belajar siswa sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa kelas IV SDN Kinga Lawe TA 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah terdiri dari dua kelas yang berjumlah 42 orang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah terdiri dari dua kelas yang berjumlah 42 orang Teknik pengumpulan data menggukan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji regresi linear, uji normalitas, dan uji hipotesis (uji t dan Uji F ). Dari hasil penelitian ini bahwa tiga variabel memiliki pengaruh yang linear dimana nilai signifikansi > 0,05 yaitu 0,078 > 0,05. Pada uji hipotesis (t) nilai Signifikansi untuk pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar adalah sebesar 0,058 > 0,05 dan nlai t hitung 1,950 > t tabel 1,681, sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Dan nilai Signifikansi untuk pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0,666 > 0,05 dan nilai t hitung 0,435 < t tabel 1,681,sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Pada uji hipotesis (F) nilai Signifikansi untuk pengaruh kompetensi guru dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0,078 > 0,05 dan nilai F hitung 2,730 > F tabel 3,23, sehingga H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:24
Last Modified: 25 Mar 2024 03:24
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item
View Item