Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipegroup Investigation Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Library Research)

Purba, Esnika (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipegroup Investigation Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Library Research). S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (757kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (780kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Jenis penelitian ini adalah Studi Pustaka (Library Research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yang diambil dari berbagai literatur artikel, dan jurnal penelitian baik yang belum dipublish maupun yang sudah dipublish mulai dari tahun 2013 sampai tahun 2019. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaruh model Kooperatif Tipe Group Investigation efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar. Data hasil belajar IPA yang dikumpulkan dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda dan dianalisis. Hal tersebut terlihat dari peningkatan hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar dari penelitian proses pembelajaran juga dilaksanakan dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang sangat baik dan sudah melampau pencapaian yang ditetapkan yaitu hasil belajar yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:12
Last Modified: 21 Mar 2024 02:12
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item
View Item