Pengaruh Model Dramatic Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cita-Citaku Siswa Kelas Iv Sd It Quratta’ayun Al-Masri Binjai

Lestari, Dini Adelia (2021) Pengaruh Model Dramatic Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Cita-Citaku Siswa Kelas Iv Sd It Quratta’ayun Al-Masri Binjai. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (969kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (977kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (855kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Dramatic Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia, materi Cita-citaku Siswa Kelas IV SD Quratta’Ayun Al-Masri Binjai. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental). Desain penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimental design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa terdiri dari 1 (satu) kelas yakni kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, format penilaian, dan tes. Berdasarkan hasil posttes diperoleh hasil belajar rata-rata sebesar 92,1 sedangkan hasil pretes diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 62,17. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pretest dan postest. Hal ini juga dibuktikan dari hasil perhitungan secara statistik dimana thitung > ttabel yaitu 1,0634 > 0,6066 yang sekaligus berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Dramatic Learning terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa IV SD IT Qurata’ Ayun Al Masri Kota Binjai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Dramatic Learning terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada pokok bahasan Cita-citaku di kelas IV SDIT Qurata’ Ayun Al Masri Kota Binjai dengan thitung > ttabel (6,822 > 2,074)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Dramatic Learning, Hasil Belajar Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:43
Last Modified: 21 Mar 2024 01:43
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item
View Item