Pengaruh Penggunaan Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Materi Dua Dimensi Dan Tiga Dimensi Pada Pembelajaran Daring Di Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Medan Tanjung Sari T. A 2020/2021

Zannah, Miftahul (2021) Pengaruh Penggunaan Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Materi Dua Dimensi Dan Tiga Dimensi Pada Pembelajaran Daring Di Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Medan Tanjung Sari T. A 2020/2021. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (844kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (706kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan model picture and picture terhadap hasil belajar seni rupa materi dua dimensi dan tiga dimensi pada pembelajaran daring di kelas IV SD Muhammadiyah 3 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 siswa. Kelas eksperimen terdiri dari 13 orang dan kelas kontrol terdiri dari 18 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data serta pengujian hipotesis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Rupa Kelas IV SD. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar sebelum menerapkan model Picture and Picture dengan sesudah menerapkan model Picture and Picture. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,62 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 54,17. Hasil posttest menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen 11 (85%) siswa tuntas dan 2 (15%) siswa tidak tuntas pada kelas kontrol, 4 (22%) siswa tuntas dan 14 (78%) siswa tidak tuntas. Selain itu juga, hasil uji T menunjukkan bahwa pengujian nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa seni rupa materi dua dimensi dan tiga dimensi pada pembelajaran daring di kelas IV SD Muhammadiyah 3 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Picture and Picture, Hasil Belajar Seni Rupa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:01
Last Modified: 20 Mar 2024 02:01
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item
View Item