Sihombing, Berkat Pranata (2022) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Swasta Iskandar Muda T.A 2021/2022. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (645kB)
Abstrak.pdf
Download (808kB)
Chapter I.pdf
Download (788kB)
Chapter II.pdf
Download (843kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Reference.pdf
Download (825kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Swasta Iskandar Muda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IV SD Swasta Iskandar Muda yang berjumlah 20 siswa. dan semua siswa dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji liniearitas dan uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Peneliti melakukan uji hipotesis dengan teknik analisis regresi linier sederhana melalui SPSS 25 maka didapatkan jika nilai t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai t hitung variabel disiplin belajar (5,371) lebih besar dari t tabel (2.109) maka Ho ditolak. Jika tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 atau 5% maka hipotesis yang diajukan diterima (Ha diterima dan Ho ditolak). Dari analisis data dapat lihat bahwa nilai signifikansi variabel disiplin belajar adalah 0,000 maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Disiplin belajar berpengaruh signifikansi terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar, prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 08:12 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 08:53 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/689 |