Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 5 Materi Cuaca Siswa Kelas III SDN 104226 Sukarende

Br Purba, Anna Lui Mastionika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 5 Materi Cuaca Siswa Kelas III SDN 104226 Sukarende. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (747kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (619kB)

Abstract

PBL (Problem Based Learning) atau Pembelajaran Berdasarkan Masalah. PBL adalah proses pembelajaran yang dimulai dengan “problem” dan bukannya paparan/penjelasan mengenai pengetahuan atau knowledge (D.Boud, G. Feletti, 1987 dalam Pengantar PBL, Djauhari Widjajakusumah). Dalam PBL, problem disajikan terlebih dahulu sebelum knowlegde diberikan. Problem yang disajikan harus menanyakan suatu masalah secara komprehensif, aplikasi, analisa dan sintesa. Peserta didik harus memilih knowledge yang dibutuhkan, mempelajari hal tersebut, dan menghubungkannya dengan problem yang diberikan.Pemakaian metode PBL (Problem-Based Learning) muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya dan selalu aktif dalam proses pembelajaran. Siswa secara rutin bekerja dalam kelompok untuk saling membantu memecahkan masalah-masalah yang kompleks. Jadi pengunaan kelompok sejawat menjadi aspek utama dalam pembelajaran PBL (Problem-Based Learning). Berdasarkan kenyataan tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul: “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 5 Materi Cuaca Pada Siswa Kelas III SDN 104226 Sukarende “ Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proses pembelajaran PBL (Problem Based Learning) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Cuaca. Rata-rata kemampuan siswa pada siklus I sebesar 53, pada siklus II dengan rata-rata sebesar 82. Adanya peningkatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran PBL (Problem Based Learning) efektif untuk melatih kemampuan siswa memahami pembelajaran khususnya pada materi cuaca. PBL merupakan suatu model pembelajaran dimana sebelum proses belajar mengajar didalam kelas dimulai, siswa terlebih dahulu diminta mengobservasi suatu fenomena. Kemudian siswa diminta untuk mencatat permasalahan yang muncul, serta mendiskusikan permasalahan dan mencari pemecahan masalah dari permasalahan tersebut. Setelah itu, tugas guru adalah merangsang untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah yang ada serta mengarahkan siswa untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan perspektif yang berbeda di antara mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:59
Last Modified: 19 Mar 2024 07:59
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item
View Item