Gulo, Desi Kristiani (2021) Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Penduduk Di Wilayah Kelurahan Pasar Teluk Dalam Berbasis Web. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (646kB)
Abstrak.pdf
Download (850kB)
Chapter I.pdf
Download (1MB)
Chapter II.pdf
Download (1MB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Reference.pdf
Download (968kB)
Abstract
Kelurahan Pasar Telukdalam terletak di wilayah Kecamatan Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Sebagai suatu organisasi pemerintahan, maka Kelurahan berkewajiban penuh memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan kualitas pelayanan yang baik, efektif dan efesien. Tentu hal itu harus dibarengi oleh pemanfaatan teknologi ataupun sistem informasi yang canggih saat ini, sehingga dapat memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan administrasi. Sistem informasi pelayanan administrasi kependudukan merupakan sistem berbasis web yang digunakan untuk mengelolah proses pelayanan administrasi pembuataan surat menyurat, seperti pembuatan surat keterangan tidak mampu, surta keterangan domisili, dan berbagai administrasi lainnya. Saat ini, proses pelayanan administrasi di Kelurahan Pasar Telukdalam, masih tergolong semi komputerisasi, dan rekap data surat yang selesai yang masih manual yaitu dicatat dalam buku besar. Selain itu masyarakat yang datang ke kantor untuk meminta atau mengurus surat, harus menunggu antrian lama, terutama saat banyak penduduk yang juga membuat surat. Kurangnya informasi mengenai kelengkapan berkas sebagai syarat utama pengurusan surat oleh pegawai kelurahan, membuat masyarakat yang sudah datang harus kembali pulang untuk memenuhi syarat administrasi terlebih dahulu. Hal ini tentusaja menjadi hambatan untuk kelancaran pengurusan surat dan mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Tujuan dari sistem informasi pelayanan administrasi ini adalah untuk menghasilkan suatu sistem yang memberikan kemudahan pelayanan administrasi di tingkat Kelurahan Pasar Telukdalam. Sehingga masyarakat dapat lebih mudah mengakses pelayanan, dan pegawai kelurahan juga dapat mengelolah data penduduk dengan efektif. Perancangan sistem yang digunakan yaitu UML (Unified Modelling language), sedangkan metode pengembangan menggunakan metode Waterfall.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Pelayanan Administrasi, Kelurahan, Website |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sain, Teknologi dan Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 16 Dec 2023 01:45 |
Last Modified: | 16 Dec 2023 01:45 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/506 |