Andayani, Rini (2023) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Gigi Puskesmas Pulo Brayan Tahun 2023. S2 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (683kB)
Abstrak.pdf
Download (753kB)
Chapter I.pdf
Download (739kB)
Chapter II.pdf
Download (760kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (900kB)
Reference.pdf
Download (728kB)
Abstract
Kebersihan gigi dan mulut diidentifikasi sebagai faktor penting dalam menjaga kesehatan oral. Kepentingan ini ditekankan oleh usaha pemerintah, seperti penyediaan poli gigi di puskesmas. Dokter gigi yang bertugas di poli gigi memiliki peran krusial dalam memberikan perawatan dan pengaruhnya terhadap kepuasan pasien. Komunikasi interpersonal antara dokter dan pasien menjadi faktor kunci dalam keberhasilan perawatan dan dalam mencapai kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal dengan kepuasan pasien di poli gigi Puskesmas Pulo Brayan Tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain penelitian survey kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pasien yang berobat ke poli gigi Pukesmas Pulo Brayan Kota Medan pada bulan Maret 2023- Mei 2023 dengan rata-rata pasien sebanyak 122 orang perbulan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 93 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dianalisa secara univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh dimensi komunikasi interpersonal terhadap kepuasan pasien di Poli Gigi Puskesmas Pulo Brayan tahun 2023 dengan dimensi respect (p-value = 0,005) OR = 4,557; dimensi emphaty (p-value = 0,001) OR = 5,614; dimensi audible (p-value = 0,027) OR = 3,009; dimensi clarity (p-value = 0,000) OR = 12,571; dimensi humble (p-value = 0,009) OR = 3,600, dan dimensi komunikasi interpersonal paling dominan adalah clarity. Disarankan kepada Puskesmas untuk terus meningkatkan pelayanannya dari segi komunikasi interpersonal melalui pelatihan-pelatihan seperti service excellent.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Respect, empathy, audible, clarity, humble, kepuasan pasien |
Subjects: | R Medicine > R Medicine |
Divisions: | Direktorat Pasca Sarjana > S2-Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 08:43 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 08:43 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/874 |