Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Gigi Puskesmas Pulo Brayan Tahun 2023

Andayani, Rini (2023) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Gigi Puskesmas Pulo Brayan Tahun 2023. S2 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (728kB)

Abstract

Kebersihan gigi dan mulut diidentifikasi sebagai faktor penting dalam menjaga kesehatan oral. Kepentingan ini ditekankan oleh usaha pemerintah, seperti penyediaan poli gigi di puskesmas. Dokter gigi yang bertugas di poli gigi memiliki peran krusial dalam memberikan perawatan dan pengaruhnya terhadap kepuasan pasien. Komunikasi interpersonal antara dokter dan pasien menjadi faktor kunci dalam keberhasilan perawatan dan dalam mencapai kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal dengan kepuasan pasien di poli gigi Puskesmas Pulo Brayan Tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain penelitian survey kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pasien yang berobat ke poli gigi Pukesmas Pulo Brayan Kota Medan pada bulan Maret 2023- Mei 2023 dengan rata-rata pasien sebanyak 122 orang perbulan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 93 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dianalisa secara univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh dimensi komunikasi interpersonal terhadap kepuasan pasien di Poli Gigi Puskesmas Pulo Brayan tahun 2023 dengan dimensi respect (p-value = 0,005) OR = 4,557; dimensi emphaty (p-value = 0,001) OR = 5,614; dimensi audible (p-value = 0,027) OR = 3,009; dimensi clarity (p-value = 0,000) OR = 12,571; dimensi humble (p-value = 0,009) OR = 3,600, dan dimensi komunikasi interpersonal paling dominan adalah clarity. Disarankan kepada Puskesmas untuk terus meningkatkan pelayanannya dari segi komunikasi interpersonal melalui pelatihan-pelatihan seperti service excellent.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Respect, empathy, audible, clarity, humble, kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine
Divisions: Direktorat Pasca Sarjana > S2-Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:43
Last Modified: 03 Jun 2024 08:43
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item
View Item