Telaumbanua, Aridermawati (2020) Bermain Media Kartu Huruf Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (841kB)
Abstrak.pdf
Download (874kB)
Chapter I.pdf
Download (790kB)
Chapter II.pdf
Download (830kB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (851kB)
Reference.pdf
Download (852kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui metode bermain media kartu huruf pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur (library research). Objek dalam penelitian ini yaitu kemampuan mengenal huruf. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif model inter-aktif dari Miles and Huberman (1994) dengan tiga tahap yaitu reduksi data, pengajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan anak mengenal lambang huruf mengalami peningkatan melalui bermain media kartu huruf, peningkatan tersebut dapat dilihat dari beberapa penelitian terdahulu adanya peningkatan persentase dari hasi penelitian. Pembelajaran mengenal huruf pada anak usia dini akan lebih baik jika dilakukan dengan metode bermain, karena dengan bermain anak lebih cepat mengingat simbol-simbol huruf. Dunia anak adalah dunia bermain dan bermain merupakan cara yang paling baik untuk mengembangkan potensi yang ada pada anak. Dengan media atau alat peraga dan metode yang bervariasi dapat merangsang anak-anak untuk mau belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Mengenal Huruf, media kartu huruf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 01:46 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 01:46 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/845 |