Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Di Sekolah Dasar

Simangunsong, Rudi Heryanto (2020) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (967kB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (768kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yang diambildari berbagai literatur seperti buku, e-book dan jurnal penelitian terdahulu mulai tahun 2013 sampai tahun 2019. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa sekolah dasar dengan menerapkan tindakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tahapan pra siklus, siklus I, siklus II, dan seterusnya dimana hasil belajar IPA siswa dengan rata-rata tingkat ketuntasan belajar pra siklus 40%, siklus I meningkat dengan persentase ketuntasan 70,12%, selanjutnya dilakukan perbaikan pada siklus II rata-rata tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 91,66%. Begitupun perlakuan eskperimen yang signifikan dapat dilihat dari hasil nilai posttest siswa lebih meningkat dibanding hasil nilai pretest siswa dengan rata-rata skor pretest mencapai 53,10 sedangkan posttest mencapai 78,81. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan manual diperoleh thitung = 3,675 > ttabel= 2,021 yang menandakan bahwa tingkat kebermaknaannya signifikan dan Ha dinyatakan diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar PKn siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar PKN.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:09
Last Modified: 02 Apr 2024 07:09
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item
View Item