Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Pemahaman Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Siswa Kelas 4 Sd Swasta Melbourne Tahun Pelajaran 2021/2022

Sinaga, Novi Astri (2021) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Pemahaman Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Siswa Kelas 4 Sd Swasta Melbourne Tahun Pelajaran 2021/2022. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (764kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan kelas IV SD Swasta Melbourne T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode Eksperimen. Sampel penelitian adalah kelas siswa kelas IV berjumlah 22 di SD Swasta Melbourne. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa Test soal uraian dan Lembar observasi. Sebelum digunakan test terlebih dahulu divalidasi oleh ahli dan dilakukan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif terhadap pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan kelas IV SD Swasta Melbourne. Hasil penelitin menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Berdasarkan tabel uji t, diketahui bahwa nilaisig.(2-tailed) untuk nilai Pre test dan Post test adalah sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga terlihat dari hasil posttest, nilai rata-rata kelas yang menggunakan media gambar memperoleh 90,72 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Pemahaman Secara Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:07
Last Modified: 28 Mar 2024 03:07
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item
View Item