Sinaga, Novi Astri (2021) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Pemahaman Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Siswa Kelas 4 Sd Swasta Melbourne Tahun Pelajaran 2021/2022. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (642kB)
Abstrak.pdf
Download (708kB)
Chapter I.pdf
Download (786kB)
Chapter II.pdf
Download (1MB)
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Reference.pdf
Download (764kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan kelas IV SD Swasta Melbourne T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode Eksperimen. Sampel penelitian adalah kelas siswa kelas IV berjumlah 22 di SD Swasta Melbourne. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa Test soal uraian dan Lembar observasi. Sebelum digunakan test terlebih dahulu divalidasi oleh ahli dan dilakukan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif terhadap pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan kelas IV SD Swasta Melbourne. Hasil penelitin menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Berdasarkan tabel uji t, diketahui bahwa nilaisig.(2-tailed) untuk nilai Pre test dan Post test adalah sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga terlihat dari hasil posttest, nilai rata-rata kelas yang menggunakan media gambar memperoleh 90,72 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar, Pemahaman Secara Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 03:07 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 03:07 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/777 |