Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn 105297 Helvetia

Lubis, Nurliana (2021) Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn 105297 Helvetia. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar. Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 dan kelas 5 SDN 105297 sebanyak 60 orang siswa dan sampel merupakan total populasi sebanyak 60 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert dan data dianalisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian diperoleh : 1) perhatian orangtua mayoritas dengan kecenderungan perhatian yang sedang sebanyak 42 responden (70%) sedangkan kecenderungan tinggi dan rendah diperoleh masing-masing 9 responden (15%), 2) motivasi belajar siswa mayoritas dengan kecenderungan motivasi sedang sebanyak 45 responden (75%) sedangkan motivasi tinggi diperoleh 11 responden (18,3%) dan motivasi rendah diperoleh 4 responden (6,7%), 3) ada pengaruh perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:39
Last Modified: 28 Mar 2024 02:39
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item
View Item