Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III, IV Dan V SD Negeri 056585 Biak Mampe Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2020/2021

Br Padang, Sri Agustina (2021) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III, IV Dan V SD Negeri 056585 Biak Mampe Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2020/2021. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 056585 Biak Mampe. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lebih berorientasi pada pendekatan survei. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 056585 Biak Mampe. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III, IV dan V SD Negeri 056585 Biak Mampe yang berjumlah 31 orang siswa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang dengan menggunakan teknik Sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk tingkat pendidikan orang tua (X) adalah angket dan untuk prestasi belajar siswa (Y) adalah nilai ujian tengah semester. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat yakni menggunakan nilai normalitas dan homogenitas serta analisis statistik dengan menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa tidak ada pengaruh variabel tingkat pendidikan orang tua (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y) di SD Negeri 056585 Biak Mampe. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis kelas III di peroleh untuk thitung sebesar -1,277 , sedangkan tabel bernilai 2,262, untuk kelas IV di peroleh untuk thitung sebesar 0,072 dan tabel bernilai 2,262, dan kelas V di peroleh untuk thitung sebesar 0,333 , sedangkan tabel bernilai 2,179. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 di terima sedangkan Ha di tolak, tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 056585 Biak Mampe.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:18
Last Modified: 27 Mar 2024 02:18
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item
View Item