Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warnaterhadap Perkembangan Kognitif Kelompok B Di TK Nasrani 4 Pengayoman T. A 2022/2023

Duha, Malda Sari (2023) Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warnaterhadap Perkembangan Kognitif Kelompok B Di TK Nasrani 4 Pengayoman T. A 2022/2023. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (645kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of Chapter I.pdf] Text
Chapter I.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of Chapter II.pdf] Text
Chapter II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Chapter III-V.pdf] Text
Chapter III-V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Reference.pdf] Text
Reference.pdf

Download (761kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Nasrani 4 Pengayoman. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan pendekatan Quantitatif dengan Pra - Experimental one group pretest and posttest design. Sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 14 orang anak. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik total sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistic SPSS 22 dengan rumus mean, median, modus, tes normalitas Shapiro-Wilk, Paired-sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perkembangan kognitif anak pada Pre - test di peroleh nilai rata-rata 10,714 (39%) dan pada post - test mengalami peningkatan dengan skor rata - rata 52.4 (87%). Berdasarkan hasil analisis paired sample t-test menunjukkan hasil bahwa t hitung < t tabel adalah -23.275< 1.77093 dan nilai signifikan sebesar 0,02 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Terhadap Perkembangan Kognitif anak Kelompok B di TK Nasrani 4 Pengayoman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen;Kegiatan Pencampuran Warna; Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Admin
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:58
Last Modified: 25 Mar 2024 07:00
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item
View Item