Duha, Malda Sari (2023) Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warnaterhadap Perkembangan Kognitif Kelompok B Di TK Nasrani 4 Pengayoman T. A 2022/2023. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (645kB)
Abstrak.pdf
Download (781kB)
Chapter I.pdf
Download (913kB)
Chapter II.pdf
Download (1MB)
Chapter III-V.pdf
Download (1MB)
Reference.pdf
Download (761kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Nasrani 4 Pengayoman. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan pendekatan Quantitatif dengan Pra - Experimental one group pretest and posttest design. Sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 14 orang anak. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik total sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistic SPSS 22 dengan rumus mean, median, modus, tes normalitas Shapiro-Wilk, Paired-sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perkembangan kognitif anak pada Pre - test di peroleh nilai rata-rata 10,714 (39%) dan pada post - test mengalami peningkatan dengan skor rata - rata 52.4 (87%). Berdasarkan hasil analisis paired sample t-test menunjukkan hasil bahwa t hitung < t tabel adalah -23.275< 1.77093 dan nilai signifikan sebesar 0,02 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Terhadap Perkembangan Kognitif anak Kelompok B di TK Nasrani 4 Pengayoman.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen;Kegiatan Pencampuran Warna; Perkembangan Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 06:58 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 07:00 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/735 |