Situmeang, Celfin Daniel (2023) Analisis Strategi Pemasaran Dan Harga Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Pt. Alam Jaya Medan. S1 thesis, Universitas Sari Mutiara Indonesia.
Cover.pdf
Download (647kB)
Abstrak.pdf
Download (700kB)
Chapter I.pdf
Download (714kB)
Chapter II.pdf
Download (797kB)
Chapter III-V.pdf
Download (1MB)
Reference.pdf
Download (624kB)
Abstract
Agar dapat sukses dalam memasarkan suatu barang atau jasa, setiap perusahaan harus menetapkan harganya secara tepat untuk meningkatkan volume penjualan. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan sedangkan ketiga unsur lainnya produk, distribusi dan promosi menyebabkan timbulnya biaya atau pengeluaran. Peningkatan harga produk akan mengakibatkan penurunan penjualan. Hal ini merupakan masalah dasar yang terdapat pada perusahaan. Peningkatan harga akan mempengaruhi permintaan dari konsumen yang semakin sedikit, karena konsumen akan mulai mencari produk sejenis dengan harga yang lebih rendah. Hal ini akan mengakibatkan penurunan volume penjualan dan dapat menjadikan pemicu kerugian bagi perusahaan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah strategi penetapan harga berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Alam Jaya Medan?”. Sementara hipotesis dalam penelitian ini adalah Strategi penetapan harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap volume penjualan pada PT. Alam Jaya Medan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui kuesioner, metode analisis data dilakukan dengan metode deskriptif dan metode analisis regresi linier sederhana. Nilai Konstanta sebesar 7,337 pada tabel B artinya apabila variabel strategi pemasaran dan harga di anggap nol maka variabel volume penjualan adalah 7,337. Dengan membandingkan antara t hitung dengan t tabel yaitu t hitung (2,972) lebih besar dari t tabel (1,678), artinya Strategi harga berpengaruh signifikan terhadap Volume penjualan. sehingga semakin tinggi Strategi harga maka akan semakin tinggi pula Volume penjualan. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran (X1) dan Harga (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan (Y). Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikan variabel strategi pemasaran yaitu sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilat f hitung sebesar 10, 353 > f tabel 3, 195 , maka H3 diterima. , dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,640 yaitu 67 % dimana nilai koefisien determinasi ini menunjukkan bahwa hubungan antara strategi pemasaran (X1) dan harga (X2) terhadap volume penjualan adalah tinglat kuat, sedangkan sisanya sebesar 33 % dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ascaris lumbricoides, Feaces anak usia 6 Tahun, Eosin 2% |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan Admin |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 07:06 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 07:06 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/587 |