FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI UPTD PUSKESMAS GUNUNGSITOLI SELATAN TAHUN 2022

ERNITA KARIANI, ZILIWU (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI UPTD PUSKESMAS GUNUNGSITOLI SELATAN TAHUN 2022. S2 thesis, UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA.

[thumbnail of 20.01.01.019.pdf] Text
20.01.01.019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan loyalitas pasien
rawat inap di UPTD Puskesmas Gunungsitoli Selatan. Jenis penelitian termasuk deskriptif analitik
dengan rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di
UPTD Puskesmas Gunungsitoli Selatan dengan populasi adalah seluruh pasien pasca rawat inap di
UPTD Puskesmas Gunungsitoli Selatan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 90
responden yang dipilih dengan menggunakan pendekatan random sampling. Data yang dikumpulkan
meliputi data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder yang
dikumpulkan melalui telaah dokumen di Puskesmas Gunungsitoli Selatan. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas
pelayanan berhubungan dengan loyalitas pasien rawat inap di UPTD Puskesmas Gunungsitoli Selatan,
citra Puskesmas berhubungan dengan loyalitas pasien rawat inap di UPTD Puskesmas Gunungsitoli
Selatan, dan kepuasan pasien berhubungan dengan loyalitas pasien rawat inap di UPTD Puskesmas
Gunungsitoli Selatan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar ada perubahan sikap,
ketanggapan, keramahan, kesopanan dan perhatian khusus petugas kesehatan terhadap pasien yang
memerlukan perhatian untuk meningkatkan kualitas pelayanan; peningkatan profesionalisme petugas
kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada pasien di Puskesmas Gunungsitoli Selatan, seperti
pendidikan dan pelatihan di bidang teknis pelayanan kesehatan untuk meningkatkan citra Puskesmas
Gunungsitoli Selatan, dan diperlukan kesesuaian antara produk pelayanan dan tarif pelayanan sehingga
pasien tidak merasa dirugikan untuk meningkatkan kepuasan pasien di Puskesmas Gunungsitoli
Selatan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, citra, kepuasan, loyalitas, dan Puskesmas
Subjects: R Medicine > R Medicine
Divisions: Direktorat Pasca Sarjana > S2-Kesehatan Masyarakat
Depositing User: christian simanjuntak
Date Deposited: 12 May 2023 03:54
Last Modified: 30 May 2023 07:03
URI: http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item
View Item