Halawa, Novika Efdimasari (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 1 TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN. S1 thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL.
18.03.14.006.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah literasi digital berpengaruh
terhadap prestasi belajar siswa kelas XII, (2) seberapa besar literasi digital
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Toma.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini
merupakan jumlah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Toma tahun ajaran
2021/2022 yakni berjumlah 92 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 48
responden dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode analisis
data yang digunakan adalah Uji Instrument, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear
Sederhana serta Uji Hipotesis dengan menggunakan program SPSS Version 22 for
Windows. Hasil Penelitian Menunjukkan (1) Literasi Digital berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XII di SMA Negeri Satu Toma
Kabupaten Nias Selatan, (2) nilai koefisien determinasi (R2
) adalah 0,452 atau
45,20% yang berarti bahwa variabel Literasi Digital secara bersama-sama
berpengaruh terhadap variabel Prestasi belajar siswa sebesar 45,20%. Sisanya
sebesar 54,80% dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari variabel yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Prestasi Belajar, SMA N 1 Toma Kabupaten Nias Selatan |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Perpustakaan dan Sains Informasi |
Depositing User: | christian simanjuntak |
Date Deposited: | 03 May 2023 08:24 |
Last Modified: | 03 May 2023 08:24 |
URI: | http://repository.sari-mutiara.ac.id/id/eprint/129 |